Buah Tin Penakluk Kanker

Diposting oleh M2 on Minggu, 09 September 2012

Buah Tin yang aslinya dari timur tengah ini ternyata bermanfaat mengobati kanker dan beberapa jenis penyakit misalnya diare, pembengkakan karena berbagai macam sebab seperti wasir dan gigitan serangga.

Tak diketahui kapan mulanya tanaman ini dimanfaatkan untuk pengobatan namun dalam Al Quran telah disinggung mengenai buah tin. Hal ini juga dikuatkan oleh hadist sahih al Bukhari tentang perkataan nabi yang menyatakan manfaatnya untuk mengobati wasir dan penyakit gout (radang sendi).

Pohon tin atau yang sering disebut pohon fig memiliki kandungan beberapa vitamin, mineral dan nutrisi lainnya. Diantaranya serat, karbohidrat, gula, protein, lemak, kalsium, vitamin C, vitamin K, fosfor, zinc, kalium, zat besi, magnesium. Selain itu buah tin juga mengandung antioksidan flavonoid, polifenol seperti asam galat, katekin dan epikatekin.


Hasil penelitian empiris menyatakan bahwa daun fig dapat digunakan untuk mengatasi pembengkakan karena wasir dan gigitan serangga. Daun pohon tin juga dapat berfungsi sebagai anti radang.

Pada awalnya para peneliti bingung senyawa apa yang mampu meredakan radang pada daun tin. Ada yang menduga bahwa kandungan steroid dan flavonoid yang berperan.

Penelitian juga dilakukan pada mencit (tikus) untuk mengetahui apakah buah fig dapat mencegah dan menghambat kanker. Dengan memberikan ekstrak fig pada mencit telah terbukti bahwa steroid dan flavonoid didalamnya dapat menghambat kanker hati.

Related: Kalau ingin mengecilkan perut coba cara mengurangi lemak perut secara efektif untuk pria dan wanita.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar