Cokelat Memberikan Perlindungan Terhadap Stroke

Diposting oleh M2 on Senin, 10 September 2012

Cokelat mungkin bukan makanan yang baik untuk menjaga berat badan dan lingkar pinggang yang sehat karena kandungan gula dan kalorinya yang tinggi. Namun mengkonsumsi cokelat dalam jumlah yang dimoderasi terbukti dapat menurunkan resiko terkena stroke.

Penelitian yang dimuat dalam journal neurology ini dilakukan dengan cara menanyakan pola makan para responden dan meneliti kondisi kesehatan mereka selama sepuluh tahun. Kelompok responden ini kemudian dibagi menjadi beberapa kelompak berdasarkan jumlah rata-rata konsumsi cokelat mereka. Hasilnya, orang-orang yang mengkonsumsi cokelat lebih banyak mengalami penurunan resiko stroke selama studi.



Prof Susanna Larsson, salah satu peneliti dari Karolinska Institute di Swedia mengatakan bahwa flavonoid mungkin zat yang berperan dalam mengurangi resiko stroke. Flavonoid memberikan perlindungan pada sistem kardiovaskular melalui fungsinya sebagai anti pembekuan, anti inflamasi dan antioksidan.

Selain itu flavonoid juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. 

Dr. Clare Walton, dari The Stroke Association mengatakan, penelitian sebelumnya telah mengkonfirmasi hal ini. Namun cokelat tetap harus dikonsumsi dalam jumlah sedang sebagai bagian dari diet sehat. Meskipun memiliki berbagai macam perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular tetapi makan cokelat tidak dapat menggantikan peran olahraga terutama bagi mereka yang sudah berumur diatas 30 tahun. Olahraga merupakan bagian penting dalam gaya hidup sehat.

Suka cokelat tapi punya perut gendut? coba tips menghilangkan lemak perut ini.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar