Rahasia Lolos Tes Kesehatan Kerja

Diposting oleh M2 on Sabtu, 22 September 2012

Jika Anda adalah seorang pencari kerja dan kebetulan melamar ke perusahaan besar yang berskala nasional atau internasional, maka jangan aneh kalau Anda diharuskan melalui tahap tahap seleksi kerja, yang mencangkup, tes wawancara, psikotes, tes lapangan dan tes kesehatan kerja.

Banyak calon karyawan yang gugur dalam menghadapi tes kesehatan kerja, karena berbagai faktor, mulai dari :
  • pola hidup yang kurang sehat, 
  • sakit berat yang pernah diderita, 
  • bahkan ada kemungkinan juga karena kekeliruan saat pemeriksaan kesehatan. 
Disini, saya tidak akan membahas tentang cara lolos kesehatan kerja untuk point no. 1 dan no. 2, tetapi saya ingin memberi saran sesuai pengalaman tentang rahasia lolos tes kesehatan kerja untuk point nomor 3. Apa saja yang harus dihindari agar Anda bisa lolos tes dan berhasil diterima di perusahaan yang Anda inginkan. 

Istirahat yang cukup
Tubuh akan kembali kepada keadaan fit jika tercukupi istirahatnya (tidur), sebaliknya kondisi badan yang kurang tidur berada pada step kelelahan dan perlu pemulihan tenaga. Hal ini bisa membuat penilaian tubuh Anda kurang maksimal, jadi sebaiknya Anda beristirahat cukup, sehari sebelum tes kesehatan kerja dilaksanakan.
Hal ini akan membuat Anda lolos dalam tes kesehatan yang mengecek kebugaran tubuh Anda, seperti tes untuk push up, berlari, sit up dan lain sebagainya.

Selain itu, mata yang cukup tidur akan segar dan pandangannya jelas. Berbeda kalau halnya Anda kurang tidur, maka mata Anda akan terasa sepet. Mata sehat bisa membuat Anda lolos dari tes mata.

Hindari meminum obat sehari sebelum tes

Dalam tes kesehatan, biasanya ada satu sesi pemeriksaan yang mengecek kadar urin yang dimiliki. Pemeriksaan ini untuk mengetahui kondisi tubuh bagian dalam, seperti ginjal. Serta untuk memastikan apakah orang ini mengkonsumsi narkoba atau tidak, semuanya bisa dilihat dari pemeriksaan urin ini.

Beberapa waktu yang lalu, ada salah seorang teman saya yang di tes urin. Dia bukanlah pecandu narkoba ataupun berpenyakit ginjal, bahkan sepintas dari postur tubuhnya, teman saya adalah seorang pria kekar dengan tubuh bugar dan sehat. Tetapi, setelah dilakukan tes urin, dia tidak lolos di tes ini karena diketahui bahwa dia mengkonsumsi narkoba.

Hal ini jadi pertanyaan saya, karena selama bersamanya dia tidak pernah menunjukkan gelagat sebagai pecandu. Setelah diselidiki, ternyata teman saya itu memakan obat batuk pagi hari sebelum tes itu dilaksanakan. Kandungan obat yang diminum pada dasarnya sama, karena itu obat batuk yang diminumnya menggagalkan tes kesehatan kerja yang diikutinya.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari meminum obat sehari sebelum tes kesehatan kerja dilaksanakan. Hal ini untuk mencegah kekeliruan pada saat tes urin.

Minimalisir kadar zat buruk dalam darah

Nikotin adalah salah satu zat yang membahayakan. Maka dari itu, orang yang setelah di cek ternyata mempunyai kadar nikotin yang parah, akan tereliminasi dari tes darah yang dilakukan..

Bagi Anda seorang perokok berat, sebaiknya hentikan atau kurangi intensitas merokok Anda, dan lakukan olahraga yang teratur setiap pagi atau waktu senggang Anda, iringi usaha ini dengan banyak meminum air putih dan air susu.

Usaha ini setidaknya bisa membuat kadar nikotin dalam tubuh Anda berkurang, dan mudah mudahan masih bisa masuk dan lulus dari tes ini.

Itulah 3 Rahasia Lolos Tes Kesehatan Kerja yang bisa Anda coba. Mudah-mudahan setelah mempraktekkannya, Anda bisa diterima bekerja di tempat yang Anda inginkan.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar