Tips Diet Penderita Diabetes Melitus

Diposting oleh M2 on Senin, 24 September 2012


Pada penderita diabetes, tubuh tidak mampu memproduksi insulin atau tidak bisa menggunakan insulin secara sempurna. Saat ini terjadi, kadar gula darah atau glukosa meningkat.

Jumlah penderita diabetes terus meningkat namun sebagian besar kasus dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Mungkin anda atau orang terdekat dengan anda baru saja didiagnosis diabetes, prediabetes atau dokter memperingatkan bahwa anda beresiko terkena diabetes.

Turunkan berat badan
Perubahan kecil pada berat badan bisa membawa dampak yang besar terhadap kondisi diabetes. Menurunkan berat badan hanya 5% sampai 10% dapat membantu menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.



Selain menurunkan berat badan, salah satu yang perlu menjadi perhatian yaitu timbunan lemak terutama di perut. Para ahli mengatakan bahwa lingkar pinggang bisa menjadi prediktor yang lebih baik daripada indeks massa tubuh (BMI).

Diet diabetes

Tujuan diet ini adalah untuk menjaga agar kadar gula darah tetap dalam batas target tertentu agar tidak menimbulkan komplikasi.

Secara sederhana diet untuk penderita diabetes meliputi
-Pembatasan makanan atau minuman yang mengandung banyak gula
-Makan tepat waktu dengan porsi kecil-kecil dan dengan rentang waktu lebih sering
-Melakukan pengawasan kapan dan berapa banyak karbohidrat yang dikonsumsi
-Mengurangi makanan tinggi lemak
-mengurangi garam
-Buah dan sayuran yang bervariasi

Jika dilihat sekilas, makanan untuk penderita diabetes ini seperti halnya diet sehat pada umumnya. Perbedaanya hanya terletak pada pemilihan beberapa makanan terutama karbohidarat yang dikonsumsi.


Mitos dan fakta tentang diet diabetes melitus

Mitos: Hindari gula di semua makanan.
Fakta: Kabar baiknya adalah bahwa Anda dapat menikmati makanan favorit selama direncanakan dengan benar atau digabungkan dengan olahraga.

Mitos: Diet tinggi protein itu baik bagi penderita diabetes
Fakta: Penelitian telah menunjukkan bahwa makan terlalu banyak protein, terutama protein hewani, sebenarnya dapat menyebabkan resistensi insulin. Diet sehat mencakup protein, karbohidrat, dan lemak dalam jumlah yang seimbang.

Mitos: Diabetesi (penyandang diabetes) tidak bisa makan normal. Perlu makanan khusus diabetes.
Fakta: Prinsip makan yang sehat sama-untuk yang sedang mencoba mencegah atau mengendalikan diabetes. Diabetesi bisa makan dengan keluarga dan teman-teman selama makanannya di moderasi.


{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar