Kurangi Begadang dari sekarang demi kesehatan anda

Diposting oleh M2 on Sabtu, 08 September 2012

Pernah di satu waktu kita dihadapkan dengan situasi dimana kita harus lembur kerja sampai larut malam sehingga kita tidak bisa tidur sampai pagi, atau saat-saat dimana kita menunggu tayangan pertandingan bola dimana kita menunggu tayangan pertandingan tersebut sampai pertandingan dimulai dan akhirnya di pagi hari kita baru tidur. Hal tersebut lebih kita kenal dengan istilah begadang.

Begadang sendiri merupakan aktifitas tidak lazim yang kita lakukan ketika kita dihadapi oleh sesuatu yang membuat kita tidak bisa tidur padahal sebenarnya waktu tersebut merupakan waktu tidur kita dimana tubuh kita tersebut berhak mendapatkan istirahatnya setelah seharian beraktifitas.
Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka lambat laun kita akan terbiasa untuk tidak tidur malam dan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.



Orang yang tidak tidur malam yang disebabkan oleh berbagai hal, di pagi harinya mereka akan merasa lelah dan ngantuk. Hal ini tentu mengganggu kelancaran aktifitas anda di siang harinya. Dari segi kesehatan orang yang begadang maka akan menderita sakit kepala, masuk angin, dan yang terburuk adalah anemia (kurang darah) dan bahkan kebiasan tersebut bisa membuat susah tidur dimalam hari (insomnia).

Orang yang tidak tidur semalaman tampak dari kantung mata nya yang hitam, ia terlihat lesu dan kurang bersemangat menjalankan aktivitasnya. Orang yang terlalu sering begadang akan terkena anemia yang mengakibatkan ia akan sempoyongan dan mudah pingsan karena kurang asupan darah dan oksigen ke otak.

Tentu hal ini merupakan hal yang buruk bagi kita yang mungkin memang memiliki kebiasaan seperti ini, jika anda begadang di malam hari untuk menyaksikan pertandingan bola dan di pagi hari nya anda harus masuk kerja maka mulai dari sekarang tinggalkanlah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang! Karena hal tersebut akan berdampak sangat buruk bagi karir anda.

Memang tidak ada salahnya begadang sekali-sekali, namun jika memang ada hal yang tidak penting
untuk dilakukan di malam hari maka hindarilah begadang sesering mungkin. Kalaupun anda ingin menyaksikan pertandingan bola di malam hari, maka lihat-lihat lagi waktu yang ada. Jika besok merupakan hari minggu atau libur kerja maka silahkan begadang menyaksikan pertandingan favorit anda.

Namun jika besok anda harus masuk kerja maka hindarilah begadang dan saksikan saja pertandingan ulang nya besok. Atau jika tidak memungkinkan anda bisa minta teman anda untuk sharing mengenai pertandingan tersebut. Memang terlihat kurang seru, namun ini demi kesehatan anda juga.

Jika anda pintar mengatur waktu, niscaya manfaat buruk begadang tidak akan anda rasakan. Namun jika anda memang terlampau sering begadang maka anda akan ketagihan dan akhirnya anda sulit tidur malam sampai-sampai anda terkena penyakit. Untuk itu sayangi kesehatan anda.

Supaya lebih mudah tidur kita juga bisa memanfaatkan aroma therapy sitrus dari ekstrak buah jeruk  yang menyegarkan pada saat mandi sehingga menjelang tidur sudah dalam keadaan rileks.
simak juga kegunaan jeruk untuk tubuh sehingga lebih menyehatkan.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar