Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Diposting oleh M2 on Minggu, 02 September 2012

Jeruk nipis adalah buah yang sering dimanfaatkan dalam keseharian kita. Didapur ibu sering menggunakannnya sebagai bumbu dan menghilangkan bau amis pada piring yang sedang dicuci. Di meja makan, jeruk nipis bisa dibuat minuman segar, sebagai hiasan makanan dan sebagai campuran pencuci tangan supaya apabila makan makanan berlemak tangan tidak amis.

Selain manfaat jeruk nipis yang telah disebutkan diatas, kita juga sering mendapati kandungan jeruk nipis dalam kosmetik dan pembersih. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang terkandung dalam jeruk nipis

Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Beberapa kandungan jeruk yang lain yaitu minyak terbang limonene dan linalool juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin.

Asam sitrat yang tinggi dalam jeruk nipis dapat mencegah kekambuhan pasien batu ginjal pasca operasi. Manfaat lainnya yaitu meningkatkan stamina, melangsingkan badan, menurunkan tekanan darah tinggi, vitamin C nya menjaga kondisi tubuh, dicampur dengan garam sebagai obat batuk, menghilangkan bekas jerawat, meringankan radang tenggorokan, mengatasi kurap dan panu, vertigo, demam dan flu.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar